Senin, 04 Januari 2010

PUBLISITAS, ANEH ?*!#@?

Sebuah institusi vital pemerintah di awal tahun 2010, tepatnya di hari kerja pertama, Senin, 4 Januari 2010 memasang iklan ucapan selamat tahun baru. Berbagai, atau tepatnya banyak pihak tentu ... baik itu pegawai hingga pejabat tinggi di dalam institusi itu pun riuh berkomentar, tak terkecuali istri para pegawai. Wah, menarik ya ?

Fenomena yang muncul antara lain adalah, "aneh". Waduh ? Ironisnya, komentar tersebut justeru muncul dari pegawai setingkat manajer ke atas. Aneh ?

Dalam pandangan humas tentu publisitas semacam ini bukan hal aneh. Bahkan cenderung biasa saja. Ucapan selamat tahun baru bisa dibilang common practice yang banyak dilakukan dalam kegiatan humas yang sifatnya calendar event, alias berdasarkan penanggalan atau hari-hari besar dalam kalender. Maka, sering kita temui dalam surat kabar atau televisi berbagai pihak dari individu, isntitusi, perusahaan, consumer products hingga partai menyapa konsituennya, stakeholdernya, pelanggannya memanfaatkan hari-hari besar tersebut. Tujuannya, tentu ... meningkatkan popularitas. Itulah publisitas yang dilakukan dengan membayar ruang dan waktu dari media massa.

Kembali lagi, fenomena ini merupakan bukti, contoh kasus betapa terbatasnya pengentahuan para pelaku manajerial tentang kegiatan kehumasan. Masalahnya, fenomena inilah yang merupakan cikal bakal terhambatnya para profesional dan praktisi humas dalam berkiprah di dunia empiris di Indonesia. Pendek kata, bagaimana tentara akan pergi berperang, bila jenderalnya tidak tahu apa itu perang, apalagi tahu soal strategi ?

Yang lebih menyedihkan lagi, begitu banyak seminar, pelatihan dan konferensi digelar tentang kehumasan. Terlepas dari 'industri pelatihan' yang menjadi komoditi banyak EO, kenyataannya, para pekerja humas tiada hentinya berupaya meningkatkan kemampuan dalam bidang kehumasan, sementara para manajernya, pengambil keputusannya, tak sedikit juga bertambah ilmu pengetahuan dan wawasannya tentang humas. Maka jurang pun semakin lebar terbentang.

Wahai para humas muda Indonesia, sudah waktunya kita bangkit, dan melakukan terobosan yang besar .... ! Selamat bekerja !

Tidak ada komentar: