Kamis, 18 Februari 2010

MENGENAL MEDIA RELATIONS

PENGERTIAN MEDIA RELATIONS :

  1. Frank Jefkins : Usaha untuk mencapai publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari oragniasai atau perusahaan yang bersangkutan (2000:98);
  2. Sam Black & Melvin L. Sharpe : Media relations lebih kepada hubungan antara organisasi dengan media. Definisinya adalah hubungan antara suatu organisasi dengan pers, radio dan televisi secara dua arah atau dua pihak;
KEGIATAN MEDIA RELATIONS, antara lain :

  1. Press Conference
  2. Press Tour
  3. Press Gathering
  4. Media Interviewed
  5. Press Release
  6. Special Event
  7. dll.

TUJUAN MEDIA RELATIONS :

  • Menciptakan pengetahuan dan pemahaman, bukan semata-mata untuk menyebarkan suatu pesan sesuai dengan keinginan pengirim atau pihak klien demi mendapatkan suatu citra yang lebih indah dari aslinya di mata umum

6 HAL PENTING DALAM MEDIA RELATIONS :

  1. Memahami & melayani media setiap saat
  2. Membangun reputasi sebagai organisasi yang dapat dipercaya media
  3. Menyediakan salinan informasi (press release) yang memadai dan akurat
  4. Bekerja sama dalam penyediaan materi informasi
  5. Menyediakan fasilitas verifikasi. Humas perlu memberi kesempatan kepada jurnalis melakukan verifikasi (membuktikan kebenaran) atas setiap materi yang mereka terima
  6. Membangun hubungan personal yang kokoh dengan media

PRINSIP KERJA MEDIA RELATIONS :

  1. Memahami dan melayani media;
  2. Membangun reputasi/citra positif;
  3. Menyediakan fasilitas untuk publikasi;
  4. Bekerjasama dalam penyediaan materi informasi krusial;
  5. Membangun hubungan personal yang kuat.

5 VARIABEL YANG MEMPERNGARUHI MEDIA RELATIONS :

  1. Sistem hukum dan politik;
  2. Taraf aktivisme;
  3. Kultur;
  4. Sistem Ekonomi;
  5. Praktek Media.

MEDIA RELATIONS OFFICER :

  1. Menjadi gatekeeper informasi yang menghubungkan organisasi dan publiknya, dengan menggunakan media massa;
  2. Bertugas mengembangkan komunitas kepentingan, yi. dengan masyarakat media;
  3. Humas/MRO merupakan sumber berita asli & informasi teknis;
  4. Membantu mengembangkan kisah berita, gambar, artikel & bahan penunjang lainnya.

DAFTAR PUSTAKA :

  1. Frank Jefkins, Public Relations, Erlangga, 2002;
  2. Scott M Cutlip, Allen H.Center, Glen M.Broom, “Effective Public Relations”, Index, 2005;
  3. Yosal Iriantara, “Media Relations : Konsep, Pendekatan dan Praktik”, Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 2005;

Tidak ada komentar: