- Frank Jefkins : Usaha untuk mencapai publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari oragniasai atau perusahaan yang bersangkutan (2000:98);
- Sam Black & Melvin L. Sharpe : Media relations lebih kepada hubungan antara organisasi dengan media. Definisinya adalah hubungan antara suatu organisasi dengan pers, radio dan televisi secara dua arah atau dua pihak;
- Press Conference
- Press Tour
- Press Gathering
- Media Interviewed
- Press Release
- Special Event
- dll.
TUJUAN MEDIA RELATIONS :
- Menciptakan pengetahuan dan pemahaman, bukan semata-mata untuk menyebarkan suatu pesan sesuai dengan keinginan pengirim atau pihak klien demi mendapatkan suatu citra yang lebih indah dari aslinya di mata umum
6 HAL PENTING DALAM MEDIA RELATIONS :
- Memahami & melayani media setiap saat
- Membangun reputasi sebagai organisasi yang dapat dipercaya media
- Menyediakan salinan informasi (press release) yang memadai dan akurat
- Bekerja sama dalam penyediaan materi informasi
- Menyediakan fasilitas verifikasi. Humas perlu memberi kesempatan kepada jurnalis melakukan verifikasi (membuktikan kebenaran) atas setiap materi yang mereka terima
- Membangun hubungan personal yang kokoh dengan media
PRINSIP KERJA MEDIA RELATIONS :
- Memahami dan melayani media;
- Membangun reputasi/citra positif;
- Menyediakan fasilitas untuk publikasi;
- Bekerjasama dalam penyediaan materi informasi krusial;
- Membangun hubungan personal yang kuat.
5 VARIABEL YANG MEMPERNGARUHI MEDIA RELATIONS :
- Sistem hukum dan politik;
- Taraf aktivisme;
- Kultur;
- Sistem Ekonomi;
- Praktek Media.
MEDIA RELATIONS OFFICER :
- Menjadi gatekeeper informasi yang menghubungkan organisasi dan publiknya, dengan menggunakan media massa;
- Bertugas mengembangkan komunitas kepentingan, yi. dengan masyarakat media;
- Humas/MRO merupakan sumber berita asli & informasi teknis;
- Membantu mengembangkan kisah berita, gambar, artikel & bahan penunjang lainnya.
DAFTAR PUSTAKA :
- Frank Jefkins, Public Relations, Erlangga, 2002;
- Scott M Cutlip, Allen H.Center, Glen M.Broom, “Effective Public Relations”, Index, 2005;
- Yosal Iriantara, “Media Relations : Konsep, Pendekatan dan Praktik”, Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 2005;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar